Transcription

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BAHASA INDONESIAKELAS VIII SEMESTER GANJILKURIKULUM 2013Disusun OlehSM. Wardatul Fauziah, S.Pd.SMP NEGERI 3 TERBANGGI BESARKABUPATEN LAMPUNG TENGAHTAHUN PELAJARAN 2020/2021

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)PUISISatuan Pendidikan: SMP Negeri 3 Terbanggi BesarMata Pelajaran: Bahasa IndonesiaKelas/Semester: VIII/ GanjilKompetensi Inti1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenadan kejadian tampak mata4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teoriKompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)3.8Kompetensi Dasar(KD)Menelaahunsur-unsur 3.8.1pembanguntekspuisi 3.8.2(perjuangan,lingkungan 3.8.3hidup, kondisi sosial, dan lainlain) yang diperdengarkanatau dibacaTujuan PembelajaranIndikator Pencapaian Kompetensi(IPK)Menganalisis unsur-unsur pembentuk teks puisiMengelompokkan puisi berdasarkan periodisasiMenganalisis unsur-unsur pembangun teks puisi(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial,dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibacaPeserta didik diharapkan mampu1. menganalisis unsur-unsur pembentuk puisi;2. mengelompokkan puisi berdasarkan periodisasi;3. menganalisis unsur-unsur pembangun teks puisi(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain)yang diperdengarkan atau dibaca.

PETA KONSEPDIKSIIMAJIUNSURFISIKKATA KONKRETBAHASA FIGURATIF (MAJAS)VERSIFIKASI(RIMA, RITME, METRUM)STRUKTUR PUISITATA WAJAH (TIPOGRAFI)TEMAUNSURBATINPERASAAN (FEELING)NADA (TONE) DAN SUASANAAMANAT

LKPD 1Petunjuk Penggunaan LKPD Setiap individu dan kelompok harus membaca LKPDdengan seksama. Diskusikan setiap masalah yang ada di LKPD kepada sesamaanggota kelompok. Mintalah bantuan guru jika ada yang belum dipahami!Langkah-Langkah KegiatanA. Buatlah kelompok dengan beranggotakan 4—5 orang.B. Bacalah puisi berjudul “Hujan Bulan Juni”. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikutini.1. Majas apa saja yang ada dalam puisi “Hujan Bulan Juni”?2. Bagaimana irama yang tergambar di dalamnya?3. Tunjukkan kata-kata yang bermakna konotasi dalam puisi “Hujan Bulan Juni”.Jelaskan pula makna dari setiap kata itu.4. Adakah lambang-lambang pada puisi “Hujan Bulan Juni”? Jika ada, jelaskan artinya!C. Secara berkelompok, diskusikanlah pola pengimajinasian yang ada dalam puisi itu.Catatlah kata-katanya ke dalam format yang telah disediakan, kemudian simpulkanefek yang ditimbulkannya.D. Laporkanlah hasil diskusimu dalam forum diskusi kelas untuk mendapatkan tanggapandari teman-temanmu.

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK1(LKPD)Nama KelompokNama AnggotaKelasTujuan Pembelajaran:: 1.2.3.4.5.:: Menganalisis unsur fisik puisiTeks PuisiHujan Bulan JuniKarya Sapardi Djoko Damonotak ada yang lebih tabahdari hujan bulan Junidirahasiakannya rintik rindunyakepada pohon berbunga ituTak ada yang lebih bijakdari hujan bulan Junidihapuskannya jejak-jejak kakinyayang ragu-ragu di jalan itutak ada yang lebih arifdari hujan bulan Junidibiarkannya yang tak terucapkandiserap akar pohon bunga ituSetelah membaca teks puisi di atas, diskusikan bersama kelompokmu dengan menjawab soalsoal berikut ini.1. Majas apa saja yang ada dalam puisi “Hujan Bulan Juni”?Jawaban.

2. Bagaimana irama yang tergambar di dalamnya?Jawaban.3. Tunjukkan kata-kata yang bermakna konotasi dalam puisi “Hujan Bulan Juni”. Jelaskanpula makna dari setiap kata itu.JawabanKata-Kata BermaknaKonotasiNo.Pemaknaan4. Adakah lambang-lambang pada puisi “Hujan Bulan Juni”? Jika ada, jelaskan artinya!Jawaban.5. Uraikan pola pengimajinasian yang ada dalam puisi itu.Imajinasi AuditifImajinasi VisualImajinasi TaktilKesimpulanSelamat mengerjakan, semoga sukses!

LKPD 2Petunjuk Penggunaan LKPD Setiap individu dan kelompok harus membaca LKPDdengan seksama. Diskusikan setiap masalah yang ada di LKPD kepada sesamaanggota kelompok. Mintalah bantuan guru jika ada yang belum dipahami!Langkah-Langkah KegiatanA. Buatlah kelompok dengan beranggotakan 4—5 orang.B. Bacalah puisi berjudul “Pahlawan Tak Dikenal”. Jawablah pertanyaan-pertanyaanberikut ini.1. Tentukan tema dan suasana yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut!2. Tentukan keterkaitan tema dengan suasana dalam puisi tersebut!3. Tentukan amanat yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut!4. Tentukan keterkaitan antara amanat dengan makna dalam puisi tersebut!C. Presentasikan hasil diskusimu dalam forum diskusi kelas untuk mendapatkantanggapan dari teman-temanmu.

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK2(LKPD)Nama KelompokNama AnggotaKelasTujuan Pembelajaran:: 1.2.3.4.5.:: Menganalisis unsur batin puisiTeks PuisiPahlawan Tak DikenalKarya Toto Sudarto BachtiarSepuluh tahun yang lalu dia terbaringTetapi bukan tidur, sayangSebuah lubang peluru bundar di dadanyaSenyum bekunya mau berkata, kita sedang perangDia tidak ingat bilamana dia datangKedua lengannya memeluk senapangDia tidak tahu untuk siapa dia datangKemudian dia terbaring, tapi bukan tidur sayangwajah sunyi setengah tengadahMenangkap sepi padang senjaDunia tambah beku di tengah derap dan suara merduDia masih sangat mudaHari itu 10 November, hujan pun mulai turunOrang-orang ingin kembali memandangnyaSambil merangkai karangan bungaTapi yang nampak, wajah-wajahnya sendiri yang tak dikenalnyaSepuluh tahun yang lalu dia terbaringTetapi bukan tidur, sayangSebuah peluru bundar di dadanyaSenyum bekunya mau berkata : aku sangat muda.

Setelah membaca teks puisi di atas, diskusikan bersama kelompokmu dengan menjawab soalsoal berikut ini.1. Tentukan tema dan suasana yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut!Jawaban.2. Tentukan keterkaitan tema dengan suasana dalam puisi tersebut!Jawaban.3. Tentukan amanat yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut!Jawaban.4. Tentukan keterkaitan antara amanat dengan makna dalam puisi tersebut!Jawaban.Selamat mengerjakan, semoga sukses!

LKPD 3Petunjuk Penggunaan LKPD Setiap individu dan kelompok harus membaca LKPDdengan seksama. Diskusikan setiap masalah yang ada di LKPD kepada sesamaanggota kelompok. Mintalah bantuan guru jika ada yang belum dipahami!Langkah-Langkah KegiatanA. Secara individu, kerjakan latihan soal pilihan ganda tentanganalisis unsur fisik dan unsur batin puisi.B. Pilihlah jawaban yang tepat dari alternatif jawaban yang telahdisediakan.C. Soal berjumlah 10 buah dan masing-masing soal berbobot 10poin sehingga nilai maksimal yang dapat diperoleh adalah 100.

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK3(LKPD)Nama Peserta DidikKelasTujuan Pembelajaran::: Menganalisis unsur fisik dan unsur batin puisiPetunjuk:Pilihlah jawaban yang tepat dari alternatif jawaban A, B, C, atau D di bawah ini!Kutipan puisi berikut untuk soal nomor 1—3.DoaKarya Chairil AnwarTuhankuDalam termanguAku masuh menyebut nama-MuBiar susah sungguhMengingat Kau penuh seluruhCaya-Mu panas suciTinggal kerdip lilin di kelam sunyiTuhankuAku hilang bentukRemukTuhankuAku mengembara di negeri asingTuhanku di pintu-Mu aku mengetukku tidak bisa berpaling1. Tema yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah .A. kemanusiaanB. ketuhananC. keadilanD. kerinduan2. Nada yang digunakan dalam puisi tersebut adalah .A. kecewaB. senangC. sedihD. tegas

3. Larik Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi menggunakan imaji .A. perabaan dan pendengaranB. perasaan dan penglihatanC. pendengaran dan perasaanD. penglihatan dan pendengaran4. Amanat yang terdapat dalam puisi “Doa” adalah.A. Kita mengingat Tuhan ketika dalam keadaan susah.B. Kita harus mengingat Tuhan dalam setiap keadaan.C. Tuhan ada di mana-mana.D. Mengingat Tuhan adalah kewajiban seorang hamba.Kutipan puisi berikut untuk soal nomor 5—6.NasibKarya Sutan Takdir AlisjahbanaBagai biola yang salah larasnya,Mengharu harmoni di dalam orkes,Lagu hidupku ini tak beres,Lakuku kurang lurus dan cerkasnya,Karena didikan agak keliru:Hidupku terdasar “perorangan”,Sekarang zaman “perkitaan”,Sesat dan sasar mengancam nasibku.5. Tema kutipan puisi tersebut adalah .A. penyesalanB. perjuanganC. perpisahanD. kemanusiaan6. Larik Bagai biola yang salah larasnya mengandung majas .A. hiperbolaB. asosiasiC. metonimiaD. litotes

Kutipan puisi berikut untuk soal nomor 7—9.Sajak PutihKarya Chairil AnwarBersandar pada tali warna pelangiKau depanku bertudung sutra senjaDi hitam matamu kembang mawar dan melatiHarum rambutmu mengalun bergelut sendaSepi menyanyi, malam dalam mendoa tibaMeriak muka air kolam jiwaDan dalam dadaku memerdu laguMenarik menari seluruh akuHidup dari hidupku, pintu terbukaSelama matamu bagiku menengadahSelama kau darah mengalir dari lukaAntara kita Mati datang tidak membelah.7. Diksi warna pelangi dalam larik pertama bait pertama puisi di atas memiliki makna .A. Gambaran hati seorang pemuda yang sedang bahagiaB. Fenomena alam yang terjadi setelah turun hujanC. Kesedihan yang berakhir dengan kebahagiaanD. Gambaran kesedihan yang dialami seorang pemuda8. Majas metafora dalam puisi tersebut terdapat pada larik .A. Hidup dari hidupku, pintu terbukaB. Sepi menyanyi, malam dalam mendoaC. Harum rambutmu mengalun bergelut sendaD. Di hitam matamu kembang mawar dan melati9. Tipografi dalam puisi “Sajak Putih” karya Chairil Anwar di atas yang tepat adalah .A. Puisi tersebut terdiri atas tiga bait. Setiap bait terdiri atas empat baris. Sebagian baitpuisi menjorok ke dalam. Puisi tersebut menggunakan huruf kecil semua padasetiap kata.B. Tipografi puisi tersebut berbentuk lurus ke bawah dan tertata rapi. Setiap pergantianbait dalam puisi tersebut ditandai dengan bait yang menjorok. Puisi tersebutmemiliki empat baris setiap baitnya.C. Setiap larik puisi terdiri atas 4—5 kata. Setiap baris terdiri atas 9—11 suku kata.Puisi tersebut tidak menggunakan tanda baca dalam setiap lariknya. Larik puisitersebut diawali dengan huruf kapital .D. Puisi tersebut terdiri atas tiga bait. Setiap bait puisi terdiri atas empat baris. Setiaplarik puisi atas 4—7 kata. Setiap bait memiliki rima a-b-a-b.10. Imaji auditif (pendengaran) dalam puisi di atas terdapat pada bait .A. kesatuB. keduaC. ketigaD. kesatu dan ketiga

KURIKULUM 2013 Disusun Oleh SM. Wardatul Fauziah, S.Pd. SMP NEGERI 3 TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 . LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) . Catatlah kata-katanya ke dalam format yang telah disediakan, kemudian simpulkan efek yang ditimbulkannya.