Transcription

MANUAL PROSEDURLABORATORIUM KOMPUTER JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATIBANDUNGTujuan disusunnya standar operasional prosedur laboratorium komputer adalah untukmembantu memperlancar pengelolaan laboratorium komputer guna memaksimalkan kegunaan darilaboratorium komputer beserta semua sumber daya yang ada didalamnya, sehingga dapatmembantu mewujudkan visi dan misi dari Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains danTeknologi UIN Bandung.Kegiatan yang ada dalam lingkup pengelolaan laboratorium komputer meliputi praktikum,penggunaan peralatan laboratorium komputer, penggunaan laboratorium komputer untuk penelitian(tugas kuliah dan tugas akhir) dan kerjasama penelitian, praktik pembelajaran, diskusi (responsidan asistensi), simulasi atau sejenisnya.1.FUNGSI DAN STRUKTUR LABORATORIUM1.1 Fungsi dan TujuanFungsi utama dari laboratorium komputer sebagai sarana untukmelakukan praktik ataupenerapan atas teori, penelitian dan pengembangan keilmuan di Jurusan Teknik Informatika,sehingga menjadi unsur penting dalam kegiatan pendidikan dan penelitian, khususnya di bidangpembelajaran.Secara terperinci fungsi laboratorium komputer Jurusan Teknik Informatika berperan sebagai :a. Pusat, praktik, latihan, penelitian dan sumber pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa JurusanTeknik Informatikab. Pusat penelitian dan pengembangan bagi dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Informatikac. Pusat pengembangan keilmuan Teknik Informatika seperti Programming, Jaringan komputer,Rekayasa Perangkat Lunak dan desain grafis pada Jurusan Teknik Informatikad. Pusat layanan terhadap sivitas akademik dan masyarakat dalam meningkatkan mutupembelajaran bidang teknologi informasi.

1.2 Struktur dan PengertianStruktur laboratorium Jurusan Teknik Informatika terdiri atas Kepala Laboratorium, Laboran,Asisten Praktikum dan Peserta Praktikum.1. Kepala Laboratorium adalah pengelola laboratorium dengan mendayagunakan seluruh sumberdaya secara terencana, terawasi, dan terevaluasi. Tugas pokok dan fungsi Kepala Laboratorium(TUPOKSI) terlampir.2. Laboran adalah staff administrasi yang ditunjuk dan ditugaskan dalam pengelolaan,pengembangan, serta kelancaran pelaksanaan praktikum. Tugas pokok dan fungsi Laboran(TUPOKSI) terlampir.3. Dosen Anggota bertugas membantu kepala laboratorium untuk pelaksanaan tugas dalampengelolaan laboratorium.4. Asisten praktikum adalah mahasiswa yang ditunjuk oleh Kepala Laboratorium untukmemberikan penjelasan materi praktikum bagi mahasiswa untuk matakuliah tertentu.5. Peserta praktikum adalah mahasiswa yang telah terdaftar untuk matakuliah yang bersangkutanpada semester berjalan yang ditunjukkan dengan Kartu Rencana Studi (KRS) dan telahmendaftarkan diri untuk untuk kegiatan praktikum pada semester berjalan.2. TATA TERTIB LABORATORIUMTata Tertib yang berlaku di Laboratorium Komputar Jurusan Teknik Informatika FakultasSains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai berikut:2.1 Tata Tertib Penggunaan Laboratorium Komputer1. Mahasiswa atau Dosen wajib mengisi buku kunjungan laboratorium (diluar jadwalpraktikum)2. Mahasiswa atau Dosen yang meminjam peralatan laboratorium harus memenuhi ketentuanpeminjaman dan pengembalian,3. Mahasiswa dilarang membuat gaduh di dalam laboratorium.4. Dilarang makan, minum dan merokok di dalam laboratorium.5. Membuang sampah harus pada tempat sampah yang sudah ditentukan.6. Semua pengunjung laboratorium wajib menjaga kebersihan laboratorium.7. Semua mahasiswa yang mengunjungi atau praktek di laboratorium, wajib merapikankembali semua peralatan laboratorium yang di gunakan.8. Dilarang membawa peralatan laboratorium keluar ruang laboratorium tanpa izin dariLaboran (staff lab) dan Ketua Lab.

9. Dilarang membawa pulang peralatan laboratorium.10. Semua pengunjung laboratorium harus menjaga keamanan inventaris laboratorium.11. Jika terjadi kerusakan dan kehilangan peralatan laboratorium, maka pengunjung yangmerusakkan atau menghilangkan alat tersebut wajib melapor ke petugas laboratorium danmengganti alat tersebut.12. Jika tidak ada yang melapor telah menghilangkan atau merusakkan alat laboratorium, makasemua mahasiswa yang mengunjungi laboratorium wajib mengganti 2 kali lipatnya.2.2 Tata Tertib Praktek Laboratorium1. Setiap mahasiswa wajib mengikuti praktek laboratorium.2. Berpakaian sopan dan rapi saat masuk ke dalam laboratorium3. Mahasiswa harus hadir di ruang praktek laboratorium 5 menit sebelum praktikum dimulai.4. Sebelum masuk ruang laboratorium, setiap mahasiswa harus sudah mempelajari materipraktikum dan membuat persiapan praktikum sebelumnya.5. Selama praktek di laboratorium dilarang membuat gaduh, makan, minum dan merokokdidalam laboratorium.6. Selesai praktikum tempat kerja harus dibersihkan dan dirapikan kembali, serta alat-alatdikembalikan pada tempatnya.7. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti praktikum harus melapor kepada asisten praktikummata kuliah yang bersangkutan.8. Peralatan laboratorium yang dipakai dalam praktikum, menjadi tanggung jawab mahasiswa,oleh karenanya harus berhati-hati dalam mempergunakannya.9. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak diperkenankan mengikutipraktikum.10. Setiap pengguna laboratorium DILARANG mengubah setting jenis apapun yangmenyangkut setting komputer yang ada di laboratorium komputer.11. Setiap pengguna laboratorium DILARANG memasukkan jenis data atau program apapunke dalam komputer tanpa seijin pihak laboratorium.12. Setiap pengguna laboratorium DILARANG menghapus atau memindahkan data atausoftware apapun yang berbentuk file atau direktori di komputer.13. Setiap pengguna laboratorium DILARANG Membuat keributan ataupun memainkan jenisgame apapun di dalam laboratorium selama perkuliahan berlangsung.14. Setiap pengguna laboratorium DILARANG Melakukan perusakan dalam bentuk apapunterhadap fasilitas di laboratorium.

15. Penggunaan Lab Komputer disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan. Bila hendakmenggunakan ruang lab. dengan waktu yang lebih lama melebihi dari jadwal, makapraktikan harus meminta ijin kepada petugas lab. komputer dan tergantung dari kondisi saatitu yang akan ditentukan oleh pihak lab. komputer. Permohonan harus diajukan palinglambat 1 minggu sebelum jadwal perubahan yang dimaksud.3.PELAKSANAAN PRAKTIKUM3.1 Pengambilan Modul Praktikum1. Membawa pas foto berwarna 3x4 1 lembar2. Mahasiswa mengambil modul Praktikum di Laboratorium dibantu oleh Asisten.3. Mahasiswa mendapat Modul Praktikum dan KPP (Kartu Peserta Praktikum yang sudah distempel Laboratorium)3.2 Pelaksanaan Praktikum1. Pelaksanaan praktikum dibantu oleh Asisten Praktikum dan dilakukan di Ruang kelas ataulaboratorium2. Praktikan harus membawa modul saat praktikum3. Praktikan terlambat maksimal 15 menit pada saat praktikum dan asistensi kecuali mendapatpersetujuan dari Dosen.4. Praktikan harus sudah mengisi modul dan menyelesaikan tugas5. Pelaksanaan Praktikum sesuai dengan Jadwal Praktikum6. Setiap pelaksanaan percobaan disahkan oleh Asisten Praktikum7. Pegesahan Laporan oleh Dosen Pengampu (pemberian nilai)3.3 Mekanisme Peminjaman Peralatan Praktikum1. Peminjam mengajukan rencana peminjaman alat laboratorium kepada laboran.2. Laboran mengecek peralatan yang akan dipinjam.3. Peminjam mengisi form peminjaman alat dan meminta persetujuan Kepala Lab.4. Laboran menyiapkan alat sesuai formulir peminjaman alat.3.4 Sanksi1. Melanggar tata aturan kuliah dan praktikum dikenakan sanksi2. Tidak ikut praktikum 1 kali dianggap menggugurkan diri kecuali mendapat persetujuanDosen pengampu untuk mengikuti kelas lain atau susulan.3. Praktikan yang mendapat 3 kali sanksi dianggap mengundurkan diri4. Merusak alat praktikum diwajibkan mengganti

3.5Penilaian1. Post test diberikan oleh Dosen Pengampu2. Nilai Praktikum 100% dari Dosen Pengampu matakuliah praktikum3. Bobot SKS praktikum adalah 1.4. PENGELOLAAN LABORATORIUM4.1 Mekanisme Perekrutan asisten1. Rekrutmen asisten praktikum dilakukan tiap semester sesuai kebutuhan2. Laboran membuat pengumuman perekrutan asisten praktikum3. Mahasiswa membawa kelengkapan pendaftaran dan mendaftar dengan mengisi formpendaftaran.4. Laboran merekap data pendaftar berdasarkan MK ke dalam berkas.5. Laboran mengumumkan jadwal tes6. Proses seleksi dilakukan oleh Kepala Laboratorium7. Tes dapat berupaa) Psikotesb) Tes tertulisc) Wawancara dan Micro Teachingd) Praktek8. Laboran menerima hasil tes dan memberikan pengumuman kepada asisten terpilih danmembuat pengumuman rapat koordinasi9. Bagi Asisten yang tidak hadir tanpa konfirmasi dianggap menggundurkan diri4.2 Mekanisme Pengajuan Dana Bantuan Praktikum1. Laboran meminta daftar asisten dan pembagian kelas kepada Kepala Laboratorium2. Laboran meminta data dosen praktikum dan daftar mahasiswa yang mengambil praktikumdari Jurusan/bagian akademik.3. Laboran merekap data yang menjadi kebutuhan mahasiswa dan dosen untuk kegiatanpraktikum dil laboratorium komputer.4. Kebutuhan yang telah disusun akan di setujui oleh Kepala Laboratorium dan mengetahuiKetua Jurusan.5. Daftar kebutuhan laboratorium komputer yang telah disetujui diserahkan kepada Fakultas.

4.3 Mekanisme Pengajuan Cetak Modul1. Daftar mahasiswa yang telah diterima dari bagian akademik menjadi acuan laboranmenghitung jumlah modul yang akan dicetak2. Laboran mengisi form pengajuan cetak modul3. Form pengajuan cetak modul diserahkan kepada Kepala Laboratorium untuk disetujui.4. Berkas yang telah disetujui Kepala Laboratorium diajukan kepada Ketua Jurusan untukmendapat persetujuan5. Laboran menyerahkan softcopy modul praktikum kepada bagian pengadaan danperlengkapan untuk kemudian dicetak dan penggandaan modul praktikum4.4 Mekanisme Peminjaman Ruang Laboratorium1. Peminjam melaporkan rencana pemakaian ruang laboratorium dan meminta formpeminjaman ruang.2. Laboran mengcek data peminjaman ruang.3. Peminjam mengisi formulir peminjaman dan meminta persetujuan Kepala Laboratorium.4. Kepala Laboratorium menyetujui dan menandatangani formulir peminjaman5. Laboran menyiapkan ruangan sesuai kebutuhan peminjam.4.5 Mekanisme Pengajuan peralatan Laboratorium Komputer1. Laboran mengajukan kebutuhan laboratorium dengan mengisi form kepada KepalaLaboratorium Komputer2. Laboran membuat surat pengantar pengajuan peralatan yang ditandatangani oleh KepalaLaboratorium Komputer3. Kepala Laboratorium Komputer menyetujui dan menandatangani dan surat pengantar4. Surat pengajuan peralatan laboratorium komputer ditujukan kepada Ketua Jurusan TeknikInformatika.4.6 Mekanisme Perawatan dan perbaikan peralatan laboratorium1. Laboran mengecek semua peralatan laboratorium setiap bulan2. Laboran mengisi form kondisi peralatan laboratorium3. Laboran mendata peralatan yang rusak dan memasukkan pada form peralatan rusak4. laboran mencek apakah peralatan tersebut dapat diperbaiki sendiri, bila tidak maka laboranmemberitahu dan meminta persetujuan Kepala Laboratorium untuk perbaikan di luar ataumengganti dengan yang baru

5. Kepala Laboratorium menyetujui dan menandatangani6. Surat pengajuan peralatan laboratorium ditujukan kepada Ketua Jurusan4.7 Mekanisme Peminjaman fasilitas laboratorium untuk tugas akhir1. Mahasiswa mengisi berkas peminjaman fasilitas laboratorium untuk tugas akhir2. Mahasiswa meminta persetujuan dan tanda tangan Pembimbing Tugas Akhir dan KepalaLaboratorium, kemudian berkas diberikan kembali pada laboran3. Laboran memberikan 1 lembar formulir peminjaman alat laboratorium dan surat pernyataankepada mahasiswa.

15. Penggunaan Lab Komputer disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan. Bila hendak menggunakan ruang lab. dengan waktu yang lebih lama melebihi dari jadwal, maka praktikan harus meminta ijin kepada petugas lab. komputer dan tergantung dari kondisi saat itu yang akan ditentukan oleh pihak lab. komputer.