Transcription

DAFTAR ISIBAGIANHAL.IMemulai Aplikasi .IIMemasukkan Data Pegawai .IIIPengajuan Rencana Sasaran Kerja .IVPemilihan Kegiatan TugasVRealisasi Kegiatan TugasVIMutasi Kegiatan Tugas

BAGIAN IMEMULAI APLIKASI1. Masuk ke laman web: https://skp.kalselprov.go.id/Kemudian, keluar tampilan halaman sebagai berikut:a. Silakan login pada kolom yang telah disediakan dengan menggunakanakun SIMPEG masing-masing yang terdiri dari E-Mail dan Password.Catatan: Login ke Aplikasi SKP Online menggunakan AkunSIMPEG yaitu merupakan Akun SKP Online Anda.

BAGIAN IIMEMASUKKAN DATA PEGAWAISetelah login berhasil dilakukan, maka aplikasi akan menampilkan HalamanUtama sebagai berikut:Pada Menu, klik “Data Pegawai” untuk memasukkan data Anda, Pejabat PenilaiAnda dan Atasan Pejabat Penilai Anda.Kemudian akan tampil halaman berikut:

Jika terdapat data yang tidak sesuai dengan kondisi riil silakan lakukanpembaruan atau perbaikan data melalui Aplikasi SIMPEG sekaligusmengunggah dokumen pendukungnya. Kemudian, Pembaruan atau perbaikandata tersebut harus diverifikasi oleh Admin SIMPEG unit kerja agar berdampakpada data di Aplikasi SKP Online.Kemudian untuk data Pejabat Penilai dan Atasan Pejabat Penilai untuk dapatdiisi dengan kondisi rill. jika data yang terlihat tidak sesuai dengan kondisi riilmereka, silakan berkoordinasi atau mengingatkan mereka untukmemperbarui/memperbaiki data melalui akun SIMPEG masing-masing.

BAGIAN IIIPENGAJUAN RENCANA SASARAN KERJA1. Pada Menu, klik “SKP & Perilaku Kerja” dan dilanjutkan dengan klik“Rencana Uraian Tugas” sebagaimana pada gambar berikut:Maka akan tampil Halaman Daftar Kegiatan sebagai berikut:2. Klik Tombol “Tambah Uraian Tugas” untuk menambahkan atau membuatkegiatan baru sekaligus memasukkan informasi target kuantitas, waktu, angkakredit, dan biaya untuk kurun waktu 1 (satu) tahun.

Pilih dengan Tahun pelaksanaankegiatanDiisi dengan nama kegiatanDiisi dengan target kuantitas dalam1 tahunDiisi dengan satuan target kuantitas(hindari“orang”, “kali”, atau “kegiatan”)Diisi dengan target angka kredit dalam1 tahun(jika kegiatan memiliki AK)Diisi dengan target biaya yang diperlukan(jika kegiatan memilikianggaran)Setelah pengisian dilakukan:- klik Tombol “Simpan & Keluar” untuk melakukan penyimpanan data targetkegiatan yang telah dimasukkan sekaligus kembali ke halaman DaftarKegiatan.- klik Tombol “Reset” jika ingin menghapus isian dan melakukan pengisianulang, atau- klik Tombol “Keluar” jika ingin kembali ke Halaman Daftar Kegiatan tanpamelakukan penyimpanan data target kegiatan.Catatan: Jika masih ingin menambahkan bulan realisasi, klik lagiTombol “ Uraian Tugas” yang dilanjutkan dengan memilih bulanrencana realisasi serta memasukkan target kuantitas, angka kredit, danbiaya pada bulan tersebut.Jika data target kegiatan telah disimpan kemudian dikontultasikan denganatasan dan telah disepakati bersama, maka kegiatan tersebut akan terlihat diHalaman Daftar Kegiatan.

Contoh informasi kegiatan pada Halaman Daftar Kegiatan:Banyaknya bulan untuk merealisasikan kegiatanTarget kuantitas dalam 1 tahunKLIK DISINI- Klik Tombol “Pensil” jika ingin melakukan perbaikan (edit) target kuantitas,angka kredit, dan biaya untuk 1 tahun.- Klik Tombol “Tempat Sampah” untuk menghapus atau membatalkankegiatan.- Klik Tombol “Kaca Pembesar” di kanan paling ujung untuk melihat detailtarget kegiatan.Catatan:- Pastikan jumlah target bulanan sama dengan target dalam 1 (satu)tahun baik untuk target kuantitas, angka kredit, maupun biaya.- Pastikan seluruh bulan memiliki rencana kegiatan untukdirealisasikan agar tidak memiliki waktu (bulan) tanpa kegiatanyang dapat berdampak pada pembayaran Tunjangan TambahanPenghasilan (TTP).- Klik Tombol “Tambah Uraian Tugas” lagi untuk menambahkanatau membuat kegiatan baru sekaligus memasukkan informasitarget kuantitas, waktu, angka kredit, dan biaya untuk kegiatantersebut.

3. Jika kegiatan-kegiatan telah ditambahkan maka langkah selanjutnya adalahmengajukan kegiatan-kegiatan tersebut ke pejabat penilai (atasan langsung)untuk mendapatkan persetujuan pelaksanaannya.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:Beri tanda centang pada kotak di sebelah kiri kegiatan yang diusulkan.Klik iniTanda status bahwa kegiatan belum diajukanTanda pada Kolom Status akan berubah bergantung pada status persetujuankegiatan sebagaimana informasi berikut yang dapat dilihat di bagian bawahhalaman Daftar Kegiatan.kemudian klik Tombol “Pengajuan Uraian Tugas”, maka tanda status akanberubah menjadi gambar “jam pasirJika kegiatan telah disetujui pejabat penilai, maka tanda status akan berubahmenjadi “tanda centang”, dan jika kegiatan ditolak, maka tanda status akanberubah menjadi “tanda silang”.

BAGIAN IVPEMILIHAN KEGIATAN TUGASKembali ke Menu, “SKP & Perilaku Kerja” dan dilanjutkan dengan klik“Pemilihan Kegiatan Tugas” sebagaimana pada gambar berikut:KOLOM YANG TELAH DI ISIKOLOM YANG BELUM DI ISISetelah melakukan “pemilihan kegiatan tugas”, maka aplikasi akanmenampilkan pemilihan kegiatan tugas jabatan per bulan seperti di atas.Kemudian pada menu klik ”kolom pada kotak bulan” kemudian akan tampilsebagaimana pada gambar berikut :

Angka kredit tidak diisi dengan “,” tetapi dengan “.”Angka kuantitas diisi sesuai dengan target kurun waktu 1 thnDiisi “100”Diisi dengan taret biaya yang diperlukanSetelah pengisian dilakukan :- klik Tombol “Simpan” untuk melakukan penyimpanan data target kegiatanyang telah dimasukkan sekaligus kembali ke halaman Daftar Kegiatan.- klik Tombol “hapus” jika ingin menghapus isian dan melakukan pengisianulang, atau- klik Tombol “Keluar” jika ingin kembali ke Halaman Daftar Kegiatan tanpamelakukan penyimpanan data target kegiatan.Catatan: setelah menentukan target atau rencana kemudian menyimpankegiatan yang akan dikerjakan di kolom bulan yang tersedia, maka akankolom bulan akan terbaca dan berwarna hijau pada tampilan menupeilihan kegiatan tugas.

BAGIAN VREALISASI KEGIATAN TUGASSetiap tanggal 1 sampai 10 awal bulan, setiap PNS wajib melakukanpelaporan realisasi bulanan terhadap kegiatan yang telah dilakukan denganmendapat persetujuan Pejabat Penilai kemudian dinilai sesuai dengan aturanyang berlaku. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1. Kembali ke Menu, klik “SKP & Perilaku Kerja” dan dilanjutkan denganklik “Realisasi Kegiatan Tugas” kemudian dapat disesuaikan “bulanrealisasi” dan “periode realisasi” kemudian dapat dilanjutkan denganmeng klik “filter” sebagaimana pada gambar di atas.

2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah yaitumerupakan berisi daftar uraian tugas yang telah ditentukan pada menusebelumnya yaitu pemilihan kegiatan tugas yang telah di rencanakansesuai dengan target kualitas, kuantitas, ak, biaya dan waktu.3. Kemudian Klik Tombol “Tambah” pada kegiatan yang ingin dilaporkanrealisasinya sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut:Kolom di sebelah kiri memuat target kuantitas, angka kredit, dan biayayang telah direncanakan dan berfungsi sebagai pengingat.

4. Masukkan angka realisasi kuantitas, angka kredit, dan biaya pada kolomdi sebelah kanan.5. Pada bagian “Nilai Yang Di Usulkan”, isilah dengan nilai kualitas ataunilai yang menurut Anda layak untuk diberikan/disetujui Pejabat Penilaiberdasarkan kualitas hasil kerja Anda. Berdasarkan Peraturan PemerintahNomor 46 Tahun 2011 tentang Sasaran Kerja Pegawai, rentang nilaikualitas yang dapat diisi adalah 0 s.d. 100.6. Klik Tombol “Simpan” jika seluruh kolom telah diisi dengan benar makaakan muncul tampilan seperti gambar berikut.7. Kemudian Informasikan ke Pejabat Penilai bahwa realisasi kegiatan telahdilaporkan agar dapat ditindak lanjuti oleh pejabat penilai atau atasan.Catatan: Selama Pejabat Penilai belum memberikan nilai terhadapkualitas realisasi kegiatan, Anda masih dapat melakukan perbaikan(edit) angka realisasi dengan klik Tombol “Tambah” kemudian tanggalpengajuan dan tanggal penilaian menunjukkan waktu Andamengajukan realisasi kegiatan saat menggunakan aplikasi.

8. Apabila Pejabat Penilai telah memberikan penilaian, maka Tombol “ ”akan berubah seperti gambar dibawah.Nilai atasantelah dinilai

BAGIAN VIMUTASI KEGIATAN TUGASPengajuan akses menu “Mutasi Kegiatan Tugas” dilakukan apabilaterjadinya perubahan target kuantitas, angka kredit, ataupun biaya yangdimana Perubahan target tersebut biasanya disebabkan adanya mutasijabatan, kenaikan pangkat, promosi/demosi, perubahan anggaran, dansebagainya. Sehingga mengikuti langkah-langkah berikut:1. Kembali ke Menu, “SKP & Perilaku Kerja” dan dilanjutkan dengan klik“Mutas Kegiatan Tugas” kemudian untuk memfilter tahun kegiatansehingga akan timbul tampilan seperti gambar berikut :

2. Setelah melakukan filter tahun periode Mutasi SKP, maka akan disediakan tampilan jabatan lama dan jabatan baru seperti gambar berikut :Catatan : sebelum melakukan mutasi kegiatan tugas untukmelakukan update pada data simpeg karena SKP Online menyerapdata dari simpeg. Sehingga terlihat adanya mutasi jabatan, kenaikanpangkat, promosi/demosi, perubahan dan sebagainya.

berdasarkan kualitas hasil kerja Anda. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Sasaran Kerja Pegawai, rentang nilai kualitas yang dapat diisi adalah 0 s.d. 100. 6. Klik Tombol “Simpan